Selasa, 13 Desember 2011

"Apabila Dua Golongan Kaum Mukminin Saling Berperang, Maka Damaikanlah Antara keduanya Itu." (al-Hujuraat:9), dan Mereka Itu Tetap Dinamakan Kaum Mukminin

Ahnaf bin Qais berkata, "Aku pergi (dengan membawa senjataku pada malam-malam fitnah) hendak memberi pertolongan kepada orang lain, (dalam riwayat lain: anak paman Rasulullah Shallalahu 'alaihi wassalam) kemudian aku bertemu Abu Bakrah, lalu ia bertanya, "Hendak ke manakah kamu?" Aku menjawab, 'Aku hendak memberi pertolongan kepada orang ini.' Abu Bakrah berkata, 'Kembali sajalah.' Karena saya mendengar Rasulullah Shallalahu 'alaihi wassalam bersabda, 'Apabila dua orang Islam bertemu dengan pedangnya (berkelahi), maka orang yang membunuh dan orang yang dibunuh sama-sama di neraka.' Lalu kami bertanya, 'Ini yang membunuh, lalu bagaimanakah orang yang dibunuh?' Beliau bersabda, 'Sesungguhnya ia (orang yang terbunuh) berkeinginan keras untuk membunuh temannya.' (Hadits dituturkan oleh Bukhari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar