Selasa, 25 Januari 2011

Dosa Orang Yang Berdusta Atas Nama Nabi Shallalahu 'alaihi wassalam

Ali r.a. berkata, "Rasulullah Shallalahu 'alaihi wassalam bersabda, "Janganlah kamu berdusta atas namaku. Karena, orang yang berdusta atas namaku, maka hendaklah ia memasuki neraka".
Dari Amir bin Abdullah ibnuz-Zubair dari ayahnya, ia berkata, "Saya berkata kepada az-Zubair, "Saya tidak pernah mendengar engkau menceritakan suatu hadist yang engkau terima dari Rasulullah Shallalahu 'alaihi wassalam sebagaimana si Anu dan si Anu menceritakannya". Zubair berkata, "Ketahuilah, sesungguhnya saya ini tidak pernah berpisah dari beliau Shallalahu 'alaihi wassalam, tetapi saya pernah mendengar beliau Shallalahu 'alaihi wassalam bersabda, "Barangsiapa yang berdusta atas namaku, maka hendaklah ia bersedia menempati tempat duduknya di neraka".
Anas berkata, "Sesungguhnya ada hal yang menghalang-halangi aku untuk memberitakan hadist kepada kamu sekalian, yaitu karena Nabi Shallalahu 'alaihi wassalam bersabda, "Barangsiapa yang berdusta atas namaku, maka hendaklah ia bersedia menempati tempat duduknya di neraka".
Salamah bin Akwa r.a. berkata, "Saya mendengar Rasulullah Shallalahu 'alaihi wassalam bersabda, "Barangsiapa yang berkata atas namaku akan sesuatu yang tidak saya katakan, amaka hendaklah ia bersedia menempati tempat duduknya di neraka".
 Abu Hurairah r.a. mengatakan bahwa Nabi Shallalahu 'alaihi wassalam bersabda, "Barangsiapa yang berdusta atas namaku dengan sengaja, maka hendaklah dia bersedia menempati tempat duduknya di neraka".
(Kelima hadits ini dituturkan oleh Bukhari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar